Bank BUMN Syariah [bag. 2]

Posted by

Memperbesar Kontribusi Perbankan Domestik pada PerekonomianPenguatan permodalan dan skala usaha bank syariah sebenarnya dapat dengan berbagai cara. Namun berharap kepada akumulasi kapital dari dalam bank atau bahkan dari pihak swasta relatif sangat lambat. Sehingga kepada pemerintah khususnya -lembaga yang menangani BUMN- melalui peranannya dalam mengembangkan sektor strategis kita dapat berharap proses akselerasi dan peningkatan kapasitas bank syariah (milik) BUMN bisa diharapkan lebih cepat dapat diimplementasikan. Argumentasinya, ekspansi BUMN ke industri perbankan syariah dapat dipandang sebagai langkah strategis pemerintah untuk mempertahankan dan bahkan memperkuat peran bank-bank BUMN di sektor perbankan, termasuk sebagai persiapan menghadapi MEA. terlebih lagi mempertimbangkan bahwa perbankan syariah memiliki kelebihan dalam hal pengembangan sektor riil dan sistem keuangan yang stabil. 'Investment nature' dari produk perbankan syariah berpeluang menjadi instrumen strategis untuk mengerahkan peningkatan preferensi masyarakat kepada produk investasi sebagai dampak kenaikan pendapatan perkapita, untuk kepentingan sektor riil domestik.

keuntungan lain dari bank syariah BUMN adalah terbukanya peluang kolaborasi antar BUMN secara saling mendukung dan menguatkan pelaksanaan fungsi masing-masing BUMN. Bank syariah BUMN yang dapat dipersepsikan riskless karena di-backup pemerintah, akan memiliki keunggulan komparatif dibandingkan bank-bank syariah swasta terutama dalam menarik dana dan investasi. Secara idela, bank BUMN syariah dimaksud diharapkan sekaligus memiliki kapasitas ekspansi aset dan penyerapan resiko yang besar untuk berinovasidan membuka jalur penetrasi industri perbankan syariah pada segmen-segmen baru dengan melibatkan pula korporasi, pemerintah, high networth individual, termasuk menarik investor/lembaga keuangan internasional yang memiliki preferensi pada keuangan syariah. Dengan perannya tersebut, bank BUMN syariah yang memiliki kekuatan permodalan, akan dapat sekaligus mendukung upaya peningkatan pemahaman masyarakat atas keuangan syariah, menarik SDM berkualitas ke dalam industri, dan menurunkan biaya transaksi keuangan syariah.

selain itu dengan menjadi pioneer, inovasi yang dilakukan banak syariah milik pemerintah dapat sekaligus menjadi standar dan referensi bank-bank syariah lain, terutama terkait investasi teknologi informasi dan interpretasi syariah dalam konteks hukum positif, sehingga akan berdampak positif bagi efisiensi dan daya saing industri perbankan syariah kedepan. dengan kata lain, bank syariah milik pemerintah  diharapkan menjadi anchor atau katalis bagi bank-bank syariah lain untuk memperluas segmen layana, efisiensi dan daya saing, yang dalam perspektif  makro sekaligus menjadi katalis pendalaman sistem keuangan.

Bersambung...


Demo Blog NJW V2 Updated at: 14.31

0 komentar:

Posting Komentar